Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Liturgi Kelas X SMAK Santa Maria Monte Carmelo.

ROSITA, Wihelmina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Liturgi Kelas X SMAK Santa Maria Monte Carmelo. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan model pembelajaran kontekstual, 2) menjelaskan tingkat pemahaman siswa, 3) mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran kontekstual mempengaruhi tingkat pemahaman siswa kelas X MIA. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan, observasi partisipatif, instrumen pengumpulan data melalui test, pengamatan dan kuisioner. Selain itu peneliti membaca buku-buku yang berhubungan dengan tema yang sedang dikerjakan. Berdasarkan penelitian yang digunakan tersebut, peneliti kemudian memperoleh beberapa simpulan sebagai hasil penilitian yang didapatkan. Pertama, pemahaman siswa SMAK Sta. Maria Monte Carmelo, atas materi liturgi yang diajarkan cukup memuaskan dari hasil pre test dengan rata-rata 15%. Setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual hasil yang dicapai sangat memuaskan dengan rata-rata 100%. Kedua, hasil yang dicapai memungkinkan metode pembelajaran kontekstual sangat efektif membantu pemahaman siswa. Ketiga, adanya korelasi yang erat antara pendidik atau pengajar yang menggunakan metode belajar yang tepat yakni pembelajaran kontekstual, dan kemampuan menangkap pelajaran para siswa. Korelasi tersebut ditemukan dengan adanya kaitan antara kualitas tenaga pendidik dan hasil pendidikan yang didapatkan oleh para pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa, Pelajar, Pendidik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:30
Last Modified: 14 Aug 2024 23:30
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item