MARLINA, Rosalia Rilani (2024) Peran Pendekatan Pembelajaran Student Centered Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII E Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Di SMP Negeri Nuba Arat. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (683kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (613kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi pendekatan pembelajaran Student Centered Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E di SMP Negeri Nuba Arat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis data kuantitatif yang dijelaskan secara kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 orang. Data dari penelitian ini diperoleh dari observasi pembelajaran di kelas, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Student Centered Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Katolik. Berdasarkan hasil kuesioner antara variabel pertama, Student Centered Learning dan variabel kedua motivasi belajar menunjukkan tingkat interpretasi yang sangat tinggi dengan nilai koefisien korelasi 0,93 yang diperoleh dari jumlah nilai variabel pertama dan variabel kedua. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan semangat belajar siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan kajian penulis maka disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Student Centered Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mampu membuat siswa semakin aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar siswa akan semakin meningkat apabila dalam kegiatan belajar pendidik atau guru menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pendekatan Pembelajaran, Motivasi Belajar, Siswa. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 23:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:30 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2414 |
Actions (login required)
View Item |