Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Mata Pelajaran Sejarah Gereja di SMAK Santa Maria Monte Carmelo

ITA, Maria Inviolata Nona (2024) Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Mata Pelajaran Sejarah Gereja di SMAK Santa Maria Monte Carmelo. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, 2) mengetahui sejauh mana implementasi penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMAK Santa Maria Monte Carmelo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik kelas X IIS dengan menggunakan metode diskusi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS yang berjumlah 28 orang. Data daari penelitian ini diperoleh dari observasi, pembelajaran di kelas, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Gereja. Hasil kuesioner untuk mungukur keaktifan belajar peserta didik dengan nilai 74. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan semangat belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan kajian penulis maka disimpulkan bahwa pendekatan dengan penerapan metode diskusi merupakan pendekatan pembelejaran yang membuat siswa semakin aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar peserta didik akan semakin meningkat apabila dalam kegiatan belajar pendidik atau guru menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih tepat dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Peserta Didik, SMAK Monte Carmelo
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:22
Last Modified: 14 Aug 2024 23:22
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item