Revolusi Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Tantangan Pendidikan Masa Kini.

SAMPURNA, Bonavantura (2024) Revolusi Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Tantangan Pendidikan Masa Kini. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
abstrak skripsi Bonavantura Sampurna.pdf

Download (188kB)

Abstract

Pendidikan Bangsa Indonesia telah melewati sejarah panjang dengan kompleksitas situasi dan persoalan yang melingkupinya. Kurikulum sebagai roh pendidikan senantiasa dipetakan sedemikian rupa untuk membentuk sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkualitas. Pergantian kurikulum pendidikan terus diupayakan unntuk menjawabi kebutuhan konkrit dan aktual hidup manusia saat ini dan di masa depan. Sejauh ini, bangsa Indonesia telah menetapkan sebelas (11) model kurikulum berbeda dengan sumber acuan dan tesis dasar yakni Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) dan Pancasila. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menjelaskan situasi dan model kurikulum pendidikan bangsa Indonesia yang senantiasa mendapat pergantian dalam kurun waktu yang singkat dan cepat, 2) mendeskripsikan dan menjelaskan gambaran umum kurikulum pendidikan yang pernah berlaku di Indonesia sejak tahun 1947 hingga kurikulum Merdeka yang dibentuk pada 2022, 3) menggali kekayaan Pancasila sebagai basis dasar pembentukkan kurikulum pendidikan dengan pemetaan waktu khusus selama tiga tahun pada jenjang pendidikan dasar. Penulis menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data-data kepustakaan seperti buku-buku, jurnal dan literatur-literatur lain untuk memperdalam tema yang diangkat oleh penulis. Dalam perspektif penulis, kekayaan nilai-nilai Pancasila mesti dipetakan secara konseptual dalam upaya pembentukkan manusia Indonesia yang Pancasilais. Karakter Pancasila perlu membentuk kepribadian khas manusia Indonesia yang dibentuk melalui pendidikan. Secara khsuus, kurikulum perlu memberi waktu tiga tahun pertama untuk membentuk karakter Pancasila dalam diri peserta didik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pendidikan. Revolusi. Kamajuan. Pancasila
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Maria Mercyana Lenung
Date Deposited: 15 Apr 2024 05:43
Last Modified: 15 Apr 2024 05:43
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item