Dampak Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Diferensiasi Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMAS Bhaktyarsa Maumere.

LAWA, Flaviana (2023) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Diferensiasi Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (619kB)

Abstract

Judul penelitian ini diambil berdasarkan fakta bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membentuk karakter peserta didik. Hal ini perlu diketahui oleh pendidik dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai pengertian dan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi dalam pembentukan karakter peserta didik. Persoalan yang diutarakan dalam tulisan ini adalah, bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat membentuk karakter peserta didik. Menanggapi persoalan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui penelitian lapangan. Dalam penelitian lapangan, penulis menggunakan observasi guna mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi di dalam kelas. Selain itu, penulis juga, menyebarkan angket kepada peserta didik dan melakukan wawancara kepada para pendidik guna mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis diferensiasi berdampak pada pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, karakter peserta didik dapat diubah dan dibentuk sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila jika pendidik menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter peserta didik, banyak tantangan yang dialami pendidik dalam proses pembentukan karakter, seperti karakter yang berbeda-beda, latar belakang budaya yang berbeda dan latar belakang keluarga yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, diharapkan kepada pendidik agar mengenal dan mengetahui profil peserta didik, kondisi awal peserta didik, minat, bakat dan kemampuan peserta didik. selain itu, diharapkan juga kerjasama dari ketiga komponen yaitu kurikulum, pendidik, dan peserta didik. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, peserta didik tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga berkarakter. Sebaliknya penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan proses pembelajaran berjalan secara pasif dan tidak inovatif, sehingga kegiatan pembelajaran tidak mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yang berdampak pada karakter peserta didik. Selain itu, penerapan model pembelajaran yang kurang tepat juga menyebabkan peserta didik cenderung pasif dan tidak berkembang. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis diferensiasi menjadi salah satu model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran ini diterapkan berdasarkan kebutuhan peserta didik agar menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga peserta didik yang berkarakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi, Pembentukan Karakter, Peserta Didik.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Rineldis Kelan
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:23
Last Modified: 20 Sep 2023 03:23
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item