MBANGO, Yohanes Kristianto Rani (2023) Pendidikan Karakter Dalam Terang Dekrit Optatam Totius: Sebuah Model Pembinaan Calon Imam Di SMA Seminari Menengah Santo Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko. Masters thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (729kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (40kB) |
Abstract
Adapun asumsi dasar dari penelitian ini adalah pertama, pendidikan karakter berjalan sesuai dengan pedoman pembinaan imam dalam dekrit Optatam Totius. Kedua, pendidikan karakter dan aspek-aspek di dalamnya sangat bermanfaat bagi calon imam untuk mengembangkan kehidupan para calon imam itu sendiri. Ketiga, para calon imam sudah menghayati dengan sungguh-sungguh nilai-nilai yang ditanamkan secara baik oleh seminari. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa sumber data yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yakni dengan menggali informasi lewat para pembina di asrama dan para guru sebagai pendidik di sekolah. Selain itu peneliti juga menggali informasi-informasi penting dari para calon imam sendiri sebagai subjek pendampingan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan membaca berbagai literatur yang relevan dengan tema seperti hal-hal tentang pendidikan, pendidikan karakter, aspek-aspek dalam pembinaan calon imam serta pedoman calon imam berdasarkan dekrit Optatam Totius. Sebagai sumber pelengkap, peneliti mencari bahan bacaan lainnya seperti artikel ilmiah, karya tulis yang berhubungan dengan tema dan informasi internet. Setelah memperoleh data dan informasi melalui wawancara dan observasi secara langsung tentang pendidikan karakter di Seminari St. Yohanes Bekhmans Mataloko, peneliti melakukan analisis data menggunakan metode SWOT, Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan atau peluang), dan Treath (ancaman). Studi ini bertujuan untuk (1)Untuk menggali arti pendidikan karakter bagi perkembangan calon imam ke depan. (2)Untuk meninjau kembali sejauh mana pendidikan karakter dan pendidikan nilai berjalan sesuai dengan kaidah pembinaan dalam dekrit Optatam Totius sehingga bermanfaat bagi perkembangan para calon imam. (3)Untuk menemukan pentingnya pendidikan karakter dalam dekrit Optatam Totius dalam pendampingan para calon imam dalam berbagai aspek. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa hal berikut 1. Pendidikan karakter dan pembinaan calon imam di seminari Mataloko harus dibentuk melalui beberapa aspek pembinaan yakni pembinaan kerohanian, intelektual, pembinaan manusiawi dan pembinaan pastoral. Hal-hal ini dirangkum sebagai pedoman dasar pembinaan dalam 5S. 2. Setiap kegiatan yang dilaksanakan kiranya dapat membantu para calon imam untuk mencapai kematangan dalam berbagai aspek pembinaan di seminari sehingga menghasilkan calon imam yang bertangungjawab dan berkarakter. 3. Para calon imam harus mampu membina dirinya dan terbuka untuk dibina demi pembentukan dan pengembangan karakter para calon imam. 4. Proses pendidikan dan pembinaan para calon imam hendaknya berkembang secara seimbang dan menyeluruh. Sehingga para calon imam mampu meneladani Yesus Kristus sebagai guru, imam dan gembala yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optatam Totius, pendidikan, pendidikan karakter, seminari, pembinaan calon imam, empat aspek, dan lima S (5S) |
Subjects: | 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 262 Eklesiologi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 00:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 00:13 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1727 |
Actions (login required)
View Item |