DENATALIS, Petrus Sandiawan (2023) Urgensi Pedagogik bagi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
Text
BAB IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: pertama, menjelaskan urgensi pedagogik sebagai ilmu pendidikan bagi pendidikan guru anak usia dini. Kedua, menjelaskan konsep pedagogik sebagai sebuah ilmu pendidikan. Ketiga, menjelaskan konsep pendidikan guru anak usia dini sebagai konteks penerapan pedagogik sebagai sebuah ilmu pendidikan. Dalam menyelesaikan tulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah metode studi kepustakaan. Penulis mengkaji banyak buku, karya ilmiah dan artikel-artikel dari berbagai majalah dan internet tentang pedagogik, pendidikan guru dan anak usia dini. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa hakikat utama pedagogik sebagai sebuah ilmu pendidikan terletak pada kajian pemikiran serta permenungan tentang pendidikan, atau secara praksis terarah kepada cara mendidik dan membimbing anak. Oleh karena itu, sebagai sebuah ilmu pendidikan, pedagogik sangat urgen bagi pendidikan guru anak usia dini. Konsep tentang pendidikan guru anak usia dini yang dimaksudkan oleh penulis terdiri dari dua konteks yaitu: (1) Pendidikan guru anak usia dini sebagai sebuah lembaga pendidikan khusus calon guru atau pendidik anak usia dini. (2) Pendidikan guru anak usia dini sebagai konteks pembelajaran pedagogik. Dalam konteks pendidikan guru sebagai lembaga pendidikan calon guru atau pendidik anak usia dini, urgensi pedagogik sebagai ilmu pendidikan berdampak konstruktif bagi peningkatan mutu pendidikan, yang mencakup proses pengajaran dan pembelajaran yang komprehensif tentang fenomena pendidikan anak usia dini. Perwujudan mutu pendidikan yang berkualitas, dapat secara sistematis membentuk para calon guru atau pendidik anak usia dini sebagai pribadi yang berkualitas dalam aspek akademis dan kerpibadian. Kemudian, konsep pendidikan guru sebagai konteks pembelajaran pedagogik terarah kepada perwujudan paradigma berpikir serta kepribadian yang matang dan dewasa bagi para calon guru atau pendidik anak usia dini, sehingga di kemudian hari dapat menjalankan tugasnya sebagai pendidik profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini. Kedua konteks pendidikan ini pada dasarnya inheren dengan tujuan utama penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan nasional, sebagaimana yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogik, Guru, Pendidikan Guru, dan Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:36 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:36 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1694 |
Actions (login required)
View Item |