HAMA, Hilarius (2023) Kritik terhadap Pendidikan di Indonesia dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra). Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
Hilarius Hama_Abstraksi.pdf Download (597kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan asupan literatur kepada pembaca terkait realitas pendidikan di Indonesia terutama praktik ketimpangan pendidikan di Indonesia, (2) untuk mengetahui dan menyingkap kritik terhadap pendidikan di Indonesia yang diangkat dalam novel Laskar Pelangi, dan (3) sebagai sebuah syarat wajib akademis untuk memperoleh gelar Sarjana Filsafat setelah mengikuti kuliah filsafat di Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan sosiologi sastra. Metode yang dipakai adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ialah kritik terhadap pendidikan di Indonesia dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Wujud data penelitian berupa peristiwa-peristiwa, ucapan-ucapan, serta perbuatan para tokoh dalam novel Laskar Pelangi. Ada dua sumber data penelitian ini, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah berbagai literatur ilmiah berupa buku-buku, majalah-majalah, skripsi, jurnal ilmiah, dan website internet. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu lembaran format inventarisasi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik kajian isi. Langkah-langkah yang ditempuh ialah (1) menguraikan secara mendalam dan merinci pada novel dan tulisan yang berkaitan dengan judul sehingga dapat memperkuat kebenaran data, (2) membaca novel berulang kali tanpa melewatkan setiap kata dan mencoba memahami isi novel, (3) memilah dan menggarisbawahi, serta memahami bagian tertentu seperti kalimat, kata dan peristiwa yang berhubungan dengan tema penelitian, (4) membaca karya-karya lain dari Andrea Hirata untuk memperoleh data yang lebih jelas dan tepat sesuai tema. Langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data meliputi (1) mendeskripsikan data berdasarkan kritik terhadap pendidikan, (2) mengklasifikasikan data melalui satuan dialog, peristiwa dan latar di dalam novel, (3) menginterpretasikannya berdasarkan penelitian, (4) membuat kesimpulan dari hasil penelitian , menulis laporan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan kritik terhadap pendidikan di Indonesia dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terimplementasi dalam proses-proses berikut, yakni (1) kritik atas ketimpangan sosial, (2) kritik terhadap diskriminasi sosial dalam pendidikan, (3) kritik terhadap diskriminasi dalam kelembagaan, (4) kritik terhadap kesadaran akan pendidikan, dan (5) kritik terhadap peran guru dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sastra, sosiologi sastra, kritik, pendidikan, novel |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan 800 – Kesusastraan (Kesusastraan Indonesia dikelas 899) > 800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 800 Kesusastraan (belles-lettres) dan retorika |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 04:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:49 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1669 |
Actions (login required)
View Item |