Peran Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak dengan Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD)

TESO, Vinsensius Egirwan (2023) Peran Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak dengan Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD). Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Vinsensius E. Teso.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perkembangan anak dengan ADHD, (2) mendeskripsikan pola asuh orang tua, dan (3) menjelaskan peran penting pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak dengan ADHD. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis selama proses pengerjaan skripsi ini adalah studi kepustakaan, yaitu dengan membaca dan mengumpulkan informasi dari berbagai referensi (buku, jurnal, dan artikel) yang berkaitan dengan tema skripsi. Satuan informasi yang diperoleh penulis diolah melalui analisis induktif, yaitu dengan mengidentifikasi data, mengevaluasi data, dan mengorganisasikan data berdasarkan tujuan penulisan skripsi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa (a) perkembangan anak pada umumnya berbeda dengan perkembangan anak dengan ADHD. Anak pada umumnya dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan perkembangan yang dilaluinya; sedangkan anak dengan ADHD terbukti lemah secara kognitif, sosio-emosional, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Penulis juga menemukan bahwa (b) pola asuh orang tua sangat memengaruhi perkembangan anak, baik anak pada umumnya maupun anak dengan ADHD. Pada anak biasa, pola asuh orang tua memengaruhi perkembangan anak melalui penerapannya sesuai tahapan perkembangan anak dan melalui aspek-aspek pola asuh; sedangkan pada anak dengan ADHD, pola asuh orang tua memengaruhi perkembangan anak melalui penerapannya pada terapi-terapi penanganan anak dengan ADHD. Selain itu, melalui aspek kualitatif pola asuh orang tua (gaya pengasuhan, interaksi orangtua-anak, kedisiplinan, serta pemantauan dan keterlibatan orangtua), orangtua dapat merencanakan dan menerapkan strategi pengasuhan yang tepat bagi anak dengan ADHD, sehingga perkembangannya dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua sangat berperan penting terhadap perkembangan anak dengan ADHD. Adapun peran penting pola asuh orang tua adalah mengurus kebutuhan dasar, perawatan emosional, sosialisasi, memberikan bimbingan, memberikan batasan dan menyadari keterbatasan, mengajarkan kecakapan hidup dan mentoring, menjadi advokat anak, mendukung pendidikan anak, serta memberikan bimbingan moral dan spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan anak, ADHD, pola asuh
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 06 May 2023 02:01
Last Modified: 07 Jul 2023 00:10
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item