Teori Behavioristik Operant Conditioning Skinner dan Relevansinya terhadap Penerapan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran

TENAWAHANG, Philipus Seng (2023) Teori Behavioristik Operant Conditioning Skinner dan Relevansinya terhadap Penerapan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Philipus Seng Tenawahang_Abstraksi.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan teori belajar Behavioristik Operant Conditioning Skinner, (2) mendeskripsikan standar kompetensi guru terkini dan (3) menggali relevansi teori belajar behavioristic Operant Conditioning Skinner terhadap penerapan kompetensi guru dalam pembelajaran. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah kajian dan analisis kepustakaan. Penulis mendalami karya-karya primer dan sekunder tentang teori belajar behavioristik Operant Conditioning Skinner. Penulis juga mendalami kompetensi guru secara khusus penerapannya dalam pembelajaran. Kedua hasil analisis kepustakaan ini kemudian digali secara kritis relevansi teori Behavioristic Operant Conditioning Skinner terhadap penerapan kompetensi guru dalam pembelajaran. Behavioristik merupakan suatu aliran pendidikan kuno dari sejarah perkembangan teoriteori pendidikan yang di dalamnya terdapat banyak teoretikus pendidikan yang meletakkan model belajar tingkah laku dengan penekanan-penekanannya yang khas. Behavioristik memfokuskan pemahaman pada perubahan perilaku yang diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Salah satu teoretikus behavioristik yang sangat berpengaruh adalah Skinner yang terkenal dengan teori belajarnya yang disebut dengan Operant Conditioning yakni pengondisian operan dalam pembelajaran asosiasi yang dapat mengakibatkan perilaku individu. Berkenaan dengan ini, pendekatan behavior penting bagi guru dalam menuntun peserta didik sebab guru harus mampu memahami perubahan perilaku peserta didiknya dalam pembelajaran, yang bagi Skinner perubahan perilaku peserta didik merupakan kondisi yang dapat menggambarkan pencapaian pembelajaran. Profesionalitas guru dalam pembelajaran sangatlah ditekankan, dan profesionalitas guru berlandaskan pada kompetensi-kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Skinner, Behavioristik, Operant Conditioning, perilaku, peserta didik, guru, kompetensi guru, pembelajaran
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 25 Apr 2023 02:10
Last Modified: 24 Jul 2023 04:40
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item