Asesmen Kebutuhan Sebagai Dasar Perencanaan Program Bimbingan Pribadi Berbasis Multikultural Di SMA

TERE, Maria Imakulata and Herdi, - (2021) Asesmen Kebutuhan Sebagai Dasar Perencanaan Program Bimbingan Pribadi Berbasis Multikultural Di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 05 (01). ISSN 2549-9092

[img] Text
ASESMEN KEBUTUHAN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Asesmen kebutuhan siswa adalah dasar perencanaan program bimbingan konseling. Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (RPLBK), bertujuan menjadi panduan bagi guru BK dalam memberikan layanan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian empiris dengan wawancara terhadap 6 guru BK dan 2 kepala sekolah di SMA Marsudirini Jakarta Timur dan SMA Bhaktyarsa – Maumere. Kenyataan di lapangan menunjukkan, RPLBK tidak dibuat berdasarkan asesmen kebutuhan siswa, RPLBK yang sebagai pelengkap administrasi BK untuk penilaian dinas terkait. Ketidakmampuan guru BK membuat RPLBK berdasarkan asesmen menjadi kendala sehingga topik pemberian layanan bimbingan hanya berdasarkan masalah apa yang dihadapi siswa saat bertemu guru BK. Keterbatasan tenaga guru BK menjadi kendala dalam pelaksanaan layanan BK di SMA. Sebagai saran, perlu dilakukan supervisi untuk meningkatkan kinerja guru BK khususnya kinerja menyusun RPLBK berdasarkan asesmen kebutuhan siswa. Kata kunci: Asesmen kebutuhan, program BK, multikultur PENDAHULUAN

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asesmen kebutuhan, program BK, multikultur
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mrs Thomasin Beding
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:23
Last Modified: 02 Dec 2022 01:55
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item