PANGANG, Servasius (2022) Konstruktivisme Dalam Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Terhadap Peningkatan Prestasi Peserta Didik Di Indonesia. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
Servasius Pangang_Abstraksi.pdf Download (30kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (974kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendalami teori konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh teori konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadap peningkatan prestasi peserta didik di Indonesia. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pengaruh teori konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadap peningkatan prestasi peserta didik di Indonesia. Sumber data penelitian adalah kepustakaan berupa buku-buku Ki Hadjar Dewantara, jurnal-jurnal dan jasa internet yang berhubungan dengan tema pendidikan dan konstruktivisme. Peningkatan prestasi peserta didik di lembaga pendidikan sangat penting. Dalam meningkatkan prestasi peserta didik, dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan niat dan motivasi belajar peserta didik. Membangkitkan niat dan motivasi peserta didik dalam belajar membuat peserta didik serius dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Salah satu model pendidikan yang dapat meningkatkan prestasi peserta didik adalah dengan menerapkan konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Dalam konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara terdapat dua aspek yang dapat meningkatkan prestasi peserta didik yaitu: 1) kegiatan belajar mengajar memberi kebebasan kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka dapat dari lingkungan masyarakat dan dari sekolah. 2) Kegiatan belajar mengajar merupakan proses menuntun perkembangan potensi dan kemampuan yang dimiliki peserta didik sejak lahir. Dengan menuntun dan memberikan kebebasan kepada peserta didik dari pengajar, peserta didik tidak merasa tertekan dan peserta didik bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan penuh semangat. Peserta didik yang mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan semangat dapat meningkatkan prestasinya dengan baik. Konstruktivisme dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara merupakan sarana baik demi peningkatan prestasi peserta didik di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ki Hadjar Dewantara, Konstruktivisme, Pendidikan, Peningkatan Prestasi Peserta Didik Di Indonesia |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:49 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1316 |
Actions (login required)
View Item |