ABIT, Maximinus Hali (2025) Penguatan Motivasi dan Keterlibatan Siswa. In: CLASSROOM MANAGEMENT: TEORI,KONSEP, DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21. STARTDIGITAL PUBLISHING, pp. 71-79.
|
Text
UPDATE B133, CLASSROOM MANAGEMENT, ISBN 978-634-7400-32-1, Star Digital Publishing.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bagi siswa, motivasi untuk belajar dan terlibat secara aktif dalam seluruh proses pembelajaran di sekolah merupakan sesuatu yang sangat esensial. Ada empat alasan mengapa motivasi belajar dikatakan sebagai sesuatu yang sangat esensial. Pertama, motivasi belajar menjadi kekuatan, daya, atau semangat dasar yang menggerakkan dan memberi arah kepada siswa untuk secara aktif dan konsisten terlibat dalam seluruh aktivitas belajar demi mencapai performa akademik terbaik dan hasil belajar yang maksimal. Hal ini senada dengan pemahaman Wahab (2020) mengenai arti motivasi belajar sebagai “keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuannya dapat tercapai.“ Kedua, para siswa seringkali mengalami belajar dan seluruh proses pembelajaran di sekolah sebagai sesuatu yang sulit dan membosankan yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang kuat. Dalam situasi seperti ini, motivasi belajar menjadi sumber kekuatan penggerak dan pengarah yang mampu mengatasi segala kesulitan dan tantangan, baik yang bersifat internal maupun eksternal yang mengganggu aktivitas belajar siswa.
| Item Type: | Book Section |
|---|---|
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan |
| Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
| Depositing User: | Maximinus Hali Abit |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:33 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:33 |
| URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
