SURYONO, Petronius Gerix Harno (2021) Pentingnya Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (721kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya rasa percaya diri dalam aktivitas belajar seorang siswa terutama untuk memperoleh berbagai prestasi belajarnya. Selain itu, penulisan karya ilmiah ini juga bertujuan untuk mempertegas bahwa untuk memperoleh berbagai prestasi belajar, seorang siswa tidak saja semata-mata didasari oleh kemampuan intelektual semata melainkan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri seorang siswa akan menemukan solusi agar tidak ragu, minder, sungkan, gugup untuk mengungkapkan pendapatnya dan melakukan berbagai hal lainnya dalam proses belajarnya sehingga ia menjadi siswa yang berprestasi dan berdaya guna bagi diri sendiri maupun orang lain. Rasa percaya diri merupakan suatu sikap hati dan keadaan mental seorang individu dengan penuh keyakinan bahwa dirinya memiliki suatu kemampuan untuk mencapai segala sesuatu yang ingin dicapai dalam hidupnya. Namun, rasa percaya diri selalu mengandaikan adanya tindakan. Tanpa tindakan tidak dapat dinyatakan bahwa seorang individu memiliki rasa percaya diri. Karena itu, keyakinan mesti diimplikasikan dalam suatu tindakan sehingga dapat dinyatakan sebagai sebuah rasa percaya diri. Sedangkan prestasi belajar siswa merupakan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam proses belajarnya, dengan menjawab berbagai pertanyaan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yang bertujuan untuk menguji tingkat pengetahuan pemahaman siswa terhadap segala sesuatu yang telah diajarkan oleh guru dengan pemberian nilai dalam rupa angka. Prestasi belajar dan rasa percaya diri merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dalam prose belajar siswa. Percaya diri selalu mendorong siswa untuk dapat berprestasi. Sebaliknya, prestasi juga mendorong siswa menjadi pribadi yang percaya diri. Siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi selalu berani melakukan dan menghadapi tantangan dalam proses belajarnya, sehingga menjadi pribadi yang berprestasi dalam proses belajarnya. Kurangnya rasa percaya diri membuat siswa menjadi malu menerima pujian, takut menerima kritikan, mencontek, mudah menyalahkan diri sendiri, tidak berani, menjadi penonton, dan sikap-sikap negatif lainya. Oleh karena itu, besarnya pengaruh rasa percaya diri terhadap siswa membuat rasa percaya diri itu penting untuk dimiliki siswa itu sendiri dalam proses belajar dan terutama dalam perolehan prestasi belajar yang hendak dicapainya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rasa pecaya diri, prestasi belajar siswa |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 29 May 2021 01:30 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 01:28 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
View Item |