Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan Karakter dan Relevansi Terhadap Pembentukan Karakter Generasi Muda

JENINA, Fransiska (2021) Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan Karakter dan Relevansi Terhadap Pembentukan Karakter Generasi Muda. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa peran lingkungan sosial, keluarga, sekolah dan masyarakat terhadap pembentukan karakter generasi muda dalam perspektif pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Jenis penelitian yang dipakai dalam karya ilmiah ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisa deskriptif. Objek yang diteliti yakni peran dari agen-agen pendidikan seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menanamkan pendidikan karakter bagi generasi muda dalam terang pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Sumber data penelitian adalah kepustakaan berupa buku-buku Ki Hadjar Dewantara, artikel, jurnal-jurnal dan beberapa teks yang berhubungan dengan tema pendidikan dan pembentukan Karakter generasi muda. Lingkungan sosial merupakan tempat proses sosialisasi generasi muda terhadap dunia luar dan kemasyarakatan. Lingkungan sosial sangat memberikan efek yang dominan terhadap proses pembentukan dan perkembangan karakter pada generasi muda. Agen-agen pembentukan karakter generasi muda meliputi, keluarga, sekolah dan masyarakat. Keseluruhan aspek lingkungan ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, saling mendukung dalam mewujudkan kondisi yang kondusif dalam menumbuhkan karakter generasi muda. Karakter generasi muda mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas karakter generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, perilaku, hingga gaya hidup. Demikian pula dengan Pendidikan yang mengalami kemerosotan. Pendidikan budi pekerti atau pendidikan karakter mengalami dekadensi nilai karena hegemoni media, revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan ini menciptakan kekhawatiran terhadap prilaku dan nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam lingkungan sosial keluarga, sekolah dan masyarakat. Keseimbangan pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sangat dibutuhkan. Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh fenomenal di dunia pendidikan telah banyak memberikan sumbangsi pemikirannya terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter merupakan salah satu bentuk usaha penting dan strategis dalam membangun jati diri generasi muda bangsa dan menggalang pembentukan masyarakat Indonesia yang berkarakter. Pendidikan karakter telah menjadi sebuah model pendidikan yang ditawarkan dalam mengatasi masalah moral generasi muda di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara menawarkan sistem “tripusat atau trilogi” yang berperan membina dan mendidik karakter generasi muda dengan melibatkan peran keluarga, sekolah, dan masyarakat yang dapat menjadi motor pembentukan karakter dan mentalitas generasi muda. Implementasi Konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara sangat relevan dalam dunia pendidikan saat ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ki Hadjar Dewantara, lingkungan sosial, generasi muda, pendidikan karakter.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk orang dewasa
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 21 May 2021 03:07
Last Modified: 23 Nov 2022 05:38
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item