FERDINANDO, Siprianus Veritas (2021) Memahami Fenomena Bullying di Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Remaja. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan fenomena bullying yang kerap terjadi di lingkungan sekolah (2) mengulas tentang remaja dan aspek-aspek perkembangannya (3) mengkaji secara komprehensif tentang pengaruh dari perilaku bullying terhadap perkembangan fisik, kognitif, emosional dan sosial anak remaja menuju kematangan diri. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kualitatif, di mana penulis mengkaji secara mendalam tentang fenomena bullying di kalangan remaja dan pengaruhnya terhadap perkembangan fisik, kognitif, emosional dan sosial. Berdasarkan analisa kepustakaan, ditemukan bahwa perilaku bullying merupakan suatu bentuk perilaku negatif yang berbau kekerasan secara fisik maupun verbal yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang kuat secara fisik dan mental kepada seorang yang lemah secara fisik dan mental sehingga menimbulkan penderitaan yang diderita oleh korban. Bullying selalu hadir di dalam lingkungan sekolah yang merupakan satu-satunya tempat bagi anak-anak remaja dididik menjadi pribadi yang berilmu dan berkarakter baik. Tindakan bullying terdiri dari empat macam bentuk tindakan yaitu, bullying fisik, verbal, relasional dan bullying melalui media sosial atau cyberbullying. Perilaku perundungan di sekolah umumnya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, ketidakharmonisan dalam keluarga yang memicu anak untuk berperilaku menyimpang dan berkembang menjadi pribadi yang kasar, solidaritas negatif di antara teman-teman sekelompok, tindakan bullying menjadi satu-satunya cara untuk melampiaskan emosi, kekesalan pada masa lalu, dan tindakan bullying merupakan hasil tiruan dari sikap hidup orang-orang dewasa, orang tua dan tontonan televisi yang berbau kekerasan. Oleh karena itu, perundungan mesti diatasi sehingga tidak membahayakan kehidupan anak didik yang diprioritaskan menjadi penerus bangsa. Berdasarkan problem yang telah penulis kemukakan di atas, penulis melihat bahwa perilaku bullying di sekolah dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan anak remaja. Pada perkembangan fisik secara umum kaum remaja yang selalu disiksa dan diintimidasi secara fisik akan mengalami luka, memar di seluruh tubuh, patah tulang bahkan harus mengakibatkan kematian. Pada perkembangan kognitif, seorang anak remaja yang terlibat dalam perilaku bullying akan mengalami kemerosotan dalam prestasi akademis di sekolah. Mereka akan susah berkonsentrasi untuk menyimak dan mengerti setiap pelajaran yang dijelaskan oleh guru karena mereka lebih banyak menghabiskan energi untuk memikirkan bagaimana cara menghindar dari tindakan bullying yang sering mereka rasakan. Pada perkembangan emosional, umumnya kaum remaja yang sering diintimidasi cenderung merasa cemas, depresi, trauma, menjadi pribadi yang emosional. Selain itu pada perkembangan sosial, bullying yang sering menimpa kaum remaja yang tengah dalam masa pencarian jati diri akan menjadi pribadi yang tertutup, anti sosial dan terlibat dalam kasus perkelahian. Dampak-dampak negatif ini tentunya telah menjadi penghambat dalam proses perkembangan kaum remaja menuju kematangan. Atas dasar itu, pentingnya usaha-usaha dari berbagai pihak seperti keluarga, sekolah, masyarakat dan tokoh agama untuk mengatasi dan menangani perilaku bullying di kalangan remaja guna meminimalisir problem ini yang kelak akan membahayakan kehidupan remaja di masa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku bullying, sekolah, remaja dan aspek-aspek perkembangan remaja. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 15 May 2021 02:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/726 |
Actions (login required)
View Item |