Mengurai Pendidikan Karakter Dan Kontribusinya Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.

FIRMAN, Ronaldus (2021) Mengurai Pendidikan Karakter Dan Kontribusinya Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk (1) menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan pendidikan karakter, (2) menjelaskan kontribusi pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan remaja, (3) menjelaskan siapa itu remaja dan apa yang dimaksudkan dengan kenakalan remaja. Metode yang digunakan dalam penyelesaian skripsi ini adalah studi kepustakaan. Objek yang diteliti adalah kontribusi pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan yang terjadi di kalangan remaja, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Adapun sumber-sumber pendukung dalam menyelesaikan skripsi ini adalah buku, kamus, jurnal dan internet. Teknik pengolahan data dalam skripsi ini adalah menganalisa sumber-sumber kepustakaan tanpa menghilangkan makna asli dari sumber-sumber tersebut. Langkah yang digunakan dalam menganalisa data dari sumber-sumber tersebut adalah (1) membaca sumber-sumber utama dan memahaminya, (2) mencatat tulisan-tulisan yang dianggap penting dari sumber-sumber utama sesuai dengan judul skripsi atau sesuai dengan persoalan yang mau diteliti. Berdasarkan hasil studi kepustakaan tersebut dapat disimpulkan bahwa fenomena kenakalan di kalangan remaja menjadi fenomena yang aktual dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Kenakalan remaja terjadi karena adanya faktor internal berupa faktor kepribadian, keadaan keluarga yang tidak kondusif serta kurangnya pola asuh yang tepat dari orangtua. Sementara faktor eksternal yang menjadi alasan terjadinya kenakalan di kalangan remaja adalah lingkungan sekolah yang tidak kondusif, pengaruh kehadiran media massa, pengaruh teman sebaya dan pembentukan geng. Adapun bentuk-bentuk kenalakan yang terjadi di kalangan remaja seperti mengkonsumsi obat-obat terlarang (narkoba), maraknya seks bebas, meningkatnya budaya ketidakjujuran di sekolah, terjadinya tawuran antara pelajar serta fenomena intoleransi. Oleh karena itu sangat penting untuk diterapkannya pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengarah pada pembentukan sikap, watak atau kebiasaan positif dalam diri remaja atau peserta didik. Adapun karakter atau kebiasaan positif yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter adalah kejujuran, cinta Allah dan sesama, toleransi, baik dan rendah hati, saling menolong, adil dan berjiwa kepemimpinan, amanah dan bertanggung jawab. Tempat penerapan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan remaja adalah tiga institusi penting yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat dengan pendekatannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, kenakalan remaja, keluarga, sekolah dan masyarakat.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:19
Last Modified: 22 Nov 2022 07:16
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item