Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere

AMELIA, Maria Sandra Jesita (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: Apa pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap partisipasi belajar siswa kelas VA SD Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap peningkatan partisipasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, yang memadukan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audiovisual berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi belajar siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,631 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara penggunaan media audiovisual dan peningkatan partisipasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi belajar siswa. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,631 mengindikasikan hubungan kuat antara kedua variabel. Temuan observasi menunjukkan adanya peningkatan keaktifan, perhatian, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Wawancara mengungkap bahwa media audiovisual mempermudah pemahaman materi, meningkatkan minat belajar, serta meningkatkan interaksi siswa dengan guru dan teman sebaya. Data kuesioner memperkuat hasil skor tinggi pada indikator kehadiran, perhatian, kontribusi, dan interaksi. Secara keseluruhan, media audiovisual terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Katolik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual, Partisipasi Belajar, Pendidikan Agama Katolik, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:37
Last Modified: 29 Oct 2025 00:37
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item