Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XF Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Maumere

AFRITA, Maria (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XF Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pembelajaran kontekstual, (2) untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XF SMAN 1 Maumere, (3) untuk melihat sejauh mana penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XF SMAN 1 Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas berbasis model Kemmis dan McTaggart dengan mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis berisi pernyataan tentang kemampuan analisis, evaluasi dan konteks kehidupan nyata peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan signifikan pada kuesioner. Selain itu, penerapan model pembelajaran kontekstual juga mampu mendorong peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menghubungkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut, maka amat dianjurkan agar model pembelajaran kontekstual diterapkan secara baik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMA, guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan model pembelajaran yang relevan dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era modern ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama katolik, SMAN 1 Maumere
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:30
Last Modified: 29 Oct 2025 00:30
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item