MANGO, Heraklius (2025) Dampak Penggunaan ChatGPT Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Heraklius Mango_ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang Dampak Penggunaan ChatGPT terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi di zaman ini, terutama perkembangan tekonologi kecerdasan buatan (AI) dan meningkatnya aksesibilitas terhadap penggunaan ChatGPT, yang merupakan salah satu bagian dari AI yang mampu menghasilkan teks seperti yang dilakukan oleh manusia. Penggunaan ChatGPT di kalangan pelajar dapat menimbulkan suatu kekhawatiran, mengingat potensi penggunaannya cukup besar dan dapat mempengaruhi pembentukan karakter, proses belajar dan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan ChatGP baik secara positif maupun negatif terhadap aspek-aspek karakter peserta didik seperti aspek kemandirian belajar, aspek kejujuran, aspek tanggung jawab, aspek kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang di sebarkan kepada 58 peserta didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere yang menggunakan ChatGPT. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan sebagian besar peserta didik menggunakan ChatGPT untuk mengembangkan pemahaman yang lebih lanjut, yang mencerminkan karakter kemandirian dalam belajar, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab dan kemampuan berpikir kritis secara positif. Namun ditemukan juga sebagian kecil responden yang selalu bergantung pada penggunaa ChatGPT yang selalu menyalin jawaban secara mentah-mentah tanpa ada pengembangan pemahaman lebih lanjut. Hal ini menjadi salah satu yang mencerminkan tantangan dalam pembentukan karakter secara negatif. Dengan demikian penggunaan ChatGPT berpotensi mendukung pembentukan karakter secara positif bagi peserta didik yang menggunakannya khususnya dalam hal kemandirian belajar, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab dan kemampuan berpikir kritis, apabila penggunaan ChatGPT dapat digunakan secara bijaksana. Dalam penelitian ini, penulis merekomendasikan berkaitan dengan penguatan literasi digital dan etika dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan sebagai bagian dari bentuk pendidikan karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, SMAK Santa Maria Monte Carmelo, Pembentukan Karakter, siswa-siswi. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 23 May 2025 00:43 |
Last Modified: | 23 May 2025 00:43 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |