Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap perkembangan Kognitif Anak menurut Teori Jean Piaget

GADI, Redemptus Defrento Seda (2025) Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap perkembangan Kognitif Anak menurut Teori Jean Piaget. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Redemptus Defrento Seda Gadi_ABSTRAK.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tentang apa itu media sosial dan kaitannya dengan intensitas penggunaannya oleh anak-anak; (2) menjelaskan tentang teori perkembangan kognitif anak menurut Jean Piaget; (3) menganalisis pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial oleh anak-anak terhadap perkembangan dan pembentukan kognitif anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan studi pustaka. Objek yang diteliti adalah perkembangan pembentukan kognitif anak di tengah maraknya pembiaran orang tua terhadap penggunaan media sosial oleh anak. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kajian atas berbagai buku, jurnal, kamus, skripsi dan artikel-artikel online tentang maraknya penggunaan media sosial oleh anak-anak dalam masa perkembangan kognitif serta berbagai sumber yang membahas mengenai masalah-masalah kognitif yang sering dihadapi anak. Setelah data dikumpulkan, dilakukan analisis data untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan penelitian ini, dapat ditarik beberapa poin kesimpulan sebagai berikut. Pertama, maraknya penggunaan media sosial oleh anak-anak tidak terlepas dari peran serta orang tua yang secara sengaja membiarkan anak-anak untuk mengakses media sosial. Hal ini dilakukan agar orang tua tidak perlu khawatir terhadap anak yang cenderung untuk bermain di luar lingkungan rumah. Terutama lagi orang tua yang memiliki tingkat kesibukan di luar rumah yang padat, gadget dan media sosial kerap menjadi jalan pintas agar anak dapat tenang di dalam rumah. Kedua, penggunaan media sosial yang berlebihan oleh anak-anak tanpa adanya pengawasan dan arahan dari orang tua bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan kognitif anak. Sebaliknya pemanfaatan media sosial yang tepat oleh anak-anak bisa membawa pengaruh positif terhadap perkembangan kognitifnya. Fase-fase perkembangan kognitif yang dialami oleh anak memiliki struktur perkembangan yang berbeda-beda namun berkelanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut ketika anak mulai dihadapkan dengan realitas penggunaan media sosial maka perkembangan pembentukan kognitif bisa terpengaruh baik itu pengaruh positif atau pengaruh negatif. Berbagai hal yang terdapat di dalam media sosial entah itu konten positif atau negatif bisa saja dikonsumsi oleh anak-anak. Terutama lagi apabila kurangnya pengawasan dan arahan oleh orang tua ketika anak berseluncur media sosial maka anak bisa terpapar konten negatif yang akan menghambat pembentukan kognitif di setiap jenjang usia anak. Ketiga, maraknya aktivitas penggunaan media sosial oleh anak-anak dan dampak negatif yang ditimbulkan dapat diatasi dengan upaya preventif dan solutif. Bentuk upaya tersebut dapat dilakukan dengan meminimalisir penggunaan media sosial oleh anak-anak dan awasan serta arahan orang tua untuk mampu memberikan wawasan bermedia sosial yang baik bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media sosial, anak-anak, dan perkembangan kognit
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 00:23
Last Modified: 21 May 2025 00:23
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item