BAGUS, Yusufiagil Yuwar Deden (2025) Pemanfaatan Media Sosial YouTube dalam Mendukung Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan IFTK Ledalero. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Yusufiagil Yuwar Deden Bagus_ABSTRAK.pdf Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan YouTube terhadap kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Kewirausahaan di Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana untuk mengukur sejauh mana penggunaan YouTube berkontribusi terhadap kemandirian belajar. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden, kemudian diolah menggunakan uji statistik. Dalam dunia pendidikan tinggi saat ini, perbedaan pemahaman di antara mahasiswa menjadi tantangan nyata dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti latar belakang, gaya belajar, serta kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Sistem pembelajaran yang masih berpusat pada dosen dan berlangsung secara tatap muka di ruang kelas seringkali belum mampu mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa secara menyeluruh. Akibatnya, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran secara optimal. Menghadapi persoalan ini, dibutuhkan pola belajar yang mendorong mahasiswa untuk lebih mandiri, kreatif, dan mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan belajarnya sendiri. Salah satu alternatif yang dinilai efektif untuk mendukung hal tersebut adalah pemanfaatan media sosial, khususnya platform YouTube, sebagai sumber belajar yang fleksibel, interaktif, dan mudah diakses. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran dengan tingkat kemandirian belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan melalui persamaan regresi Y = 4,611 + 0,814X, di mana nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dan nilai t-hitung sebesar 12,985. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan YouTube untuk pembelajaran, semakin banyak pula kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam mendorong kemandirian belajar mahasiswa, terutama dalam konteks pendidikan tinggi yang menuntut adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Oleh karena itu, institusi pendidikan dapat mempertimbangkan integrasi platform digital seperti YouTube ke dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan otonomi mahasiswa dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Media Sosial YouTube, Pembelajaran Kontekstual, Mahasiswa Kewirausahaan. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:52 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:52 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |