Pengaruh Metode Dialog dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Terhadap Sikap Toleransi Beragama di Kalangan Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Maumere.

WEA, Maria Fatina (2025) Pengaruh Metode Dialog dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Terhadap Sikap Toleransi Beragama di Kalangan Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Maria Fatina Wea_ABSTRAK.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memahami bagaimana metode dialog dalam pembelajaran Agama Katolik bisa membantu membentuk sikap toleransi beragama di kalangan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Maumere. Secara lebih sederhana, penelitian ini ingin melihat bagaimana metode ini diterapkan di kelas, bagaimana pengaruhnya terhadap cara peserta didik memahami perbedaan agama, dan apakah ada perubahan dalam sikap mereka setelah mengalaminya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran apakah metode dialog bisa menjadi cara yang efektif untuk menumbuhkan sikap saling menghormati dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis. Tulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, di mana peneliti mendeskripsikan data-data kualitatif yang diperoleh lewat studi kepustakaan, observasi langsung, dan wawancara. Ada beberapa temuan penting dari penelitian ini. Pertama, metode dialog digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik di SMAN 1 Maumere. Metode ini berdampak positif, dalama arti interaksi di kelas semakin aktif, peserta didik semakin kritis, dan peserta didik aktif bertanya dalam kelas. Kedua, penggunaan metode dialog dalam pembelajaran mata pelajaran Agama Katolik sangat efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan sekaligus meningkatkan sikap toleransi beragama di kalangan peserta didik . Hal ini terlihat dari beberapa fakta berikut ini: 1) peserta didik semakin terbuka dan menghormati perbedaan agama dan keyakinan; 2) interaksi antara peserta didik yang semakin dinamis dan inklusif; 3) peserta didik semakin memahami nilai-nilai universal yang terkandung dalam agama-agama; dan 4) semakin berkurangannya stereotip di kalangan peserta didik . Dengan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode dialog dianggap sebagai strategi pembelajaran yang dapat mendukung harmoni dan keberagaman di lingkungan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode dialog, pendidikan Agama Katolik, toleransi beragama, peserta didik SMA.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Biological Sciences
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 09 May 2025 00:18
Last Modified: 09 May 2025 00:18
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item