JAHUR, Vinsensius Tasman (2025) Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Vinsensius Tasman Jahur_ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini yakni untuk (1) menjelaskan pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara (2) menjelaskan fenomena kenakalan remaja (3) memahami implementasi pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dalam meminimalisasi kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam metode ini, penulis mencari sumber pada buku-buku, artikel dan jurnal, dan sumber-sumber lain yang menjelaskan konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara yang berkaitan dengan pengimplementasiannya dalam meminimalisasi kenakalan remaja. Teknik pengolahan data dalam skripsi ini dilakukan dengan menganalisis sumber-sumber literatur tanpa mengubah makna asli dari sumber tersebut. Langkah-langkah yang diterapkan dalam menganalisis data dari sumber-sumber tersebut adalah (1) membaca dan memahami sumber-sumber utama, (2) mencatat hal-hal yang dianggap penting dari sumber-sumber utama yang relevan dengan judul skripsi atau dengan masalah yang ingin diteliti. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa (1) kenakalan remaja merupakan fenomena sosial yang masih aktual saat ini. (2) Kenakalan remaja terjadi dikarenakan minimnya nilai-nilai karakter positif dalam diri kaum muda yang sedang mencari jati dirinya dan juga faktor internal berupa pengontrolan diri yang lemah dan juga faktor eksternal seperti disharmoni keluarga, pola asuh yang salah, kondisi sekolah yang tidak kondusif dan juga pengaruh kemajuan teknologi, serta pembentukan geng. (3) Beberapa bentuk kenakalan yang terjadi di kalangan remaja antara lain penggunaan obat-obat terlarang (narkoba), maraknya perilaku seks bebas, dan tawuran antar pelajar, serta fenomena perjudian online yang marak terjadi di kalangan kaum muda. Oleh karena itu, peran pendidikan karakter perlu ditekankan. (4) Konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara merupakan pendidikan yang menekankan pada penanaman nilai-nilai positif kepada peserta didik. (5) Penanaman nilai-nilai positif sebagai upaya pembentukan karakter dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan, hukuman, perilaku pendidik, dan pengajaran. Semua metode ini terangkum dalam semboyan pendidikannya Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, dan Ing Ngarsa Sung Tuladha. Terdapat tiga institusi utama yang berperan penting dalam upaya meminimalisasi kenakalan remaja yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Ki Hadjar Dewantara, Kenakalan Remaja |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 07 Apr 2025 08:01 |
Last Modified: | 07 Apr 2025 08:01 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |