SUWARDI, Apolinaris (2024) Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Perkembangan Remaja. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
BAB IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Tujuan penulisan ini untuk memahami konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara bagi perkembangan dan pertumbuhan potensialitas diri kaum remaja. Pemikiran pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara sangat relevan dengan perkembangan karakter remaja saat ini. Adapun tujuan dari penulisan adalah : 1) mendeskripsikan secara siginifikan pemahaman dan definisi tentang pendidikan karakter. 2) mendeskripsikan model pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dalam kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan identitas diri peserta didik. 3) membangun kesadaran refleksif kaum muda tentang pentingnya pendidikan karakter. Penulis menggunakan pendekatan atau metode penulisan deskriptif dengan pengumpulan data-data kepustakaan seperti buku-buku, jurnal, artikel ilmiah dan sumber-sumber lain untuk memperdalam tema yang diangkat oleh penulis. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa orang tua, guru dan masyarakat memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan karakter anak. Di samping itu, untuk menyempurnakan karakter tersebut, pemerintah perlu menerapkan pendidikan karakter dalam proses pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang kurang mendukung proses penanaman karakter bagi anak. Dalam perspektif penulis, pendidikan karakter sangat penting bagi pembentukkan kepribadian peserta didik. Dari hasil temuan penulis, karakter kepribadian peserta didik perlu dibentuk sejak dini untuk membangun generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas. Pendidikan karakter dapat menjadi kekuatan bagi keberlangsungan hidup bangsa dan Negara di tengah kemajuan teknologi yang disruptif. Dengan karakter kepribadian yang unggul dan potensial, Peserta didik dapat memilih dan memilah pengaruh besar tawaran kemajuan di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan karakter, Remaja. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 11:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 11:20 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2518 |
Actions (login required)
View Item |