Penerapan Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Menurut Deklarasi Gravissimum Educationis dan Implikasinya Bagi SMP Swasta Katolik Wolowaru

LEA, Marianus Pati (2024) Penerapan Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Menurut Deklarasi Gravissimum Educationis dan Implikasinya Bagi SMP Swasta Katolik Wolowaru. Masters thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (910kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Deklarasi Gravissimum Educationis dan prinsip-prinsip dasar pendidikan Katolik, (2) mendeskripsikan Lembaga Pendidikan SMP Swasta Katolik sebagai sebuah Lembaga Pendidikan Katolik, (3) menganalisis implikasi dari Deklarasi Gravissimum Educationis terhadap proses pendidikan di SMP Swasta Katolik Wolowaru. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Objek yang diteliti adalah proses pendidikan di SMP Swasta Katolik Wolowaru. Sumber data utama penelitian ini adalah Lembaga Pendidikan SMP Swasta Katolik Wolowaru dan Deklarasi Gravissimum Educationis. Sumber data sekunder diperoleh dari kajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu, membaca literatur-literatur yang relevan, publikasi media massa, khususnya publikasi mengenai pendidikan Katolik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik interaktif melalui observasi langsung dan wawancara, dan teknik non interaktif melalui studi dokumen dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Lembaga Pendidikan SMP Swasta Katolik Wolowaru belum sepenuhnya menerapkan empat dari dua belas prinsip dasar pendidikan Katolik. Keempat prinsip yang dimaksud yakni menjamin hak semua orang atas pendidikan, mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan memperkenalkan budaya kepada para peserta didik, menampilkan karakteristik pendidikan Kristen, serta mampu membangun koordinasi dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab di bidang pendidikan. Adapun beberapa hal yang masih kurang dan perlu ditingkatkan yakni (1) berkaitan dengan tanggung jawab orangtua. Orangtua mesti memperhatikan tanggung jawab mereka berkaitan dengan kedisiplinan dalam membayar uang sekolah, Orangtua mesti meluangkan waktu yang cukup bagi anak serta meningkatkan fungsi kontrol terhadap anak di rumah. (2) Tanggung jawab sekolah. Sekolah mesti meningkatkan kepercayaan diri para peserta didik dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, Sekolah mesti membangun kerja sama yang intens dengan pihak yayasan, Gereja, masyarakat, pemerintah dan orangtua; Sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan-pelatihan. (3) Berkaitan dengan tanggung jawab pemerintah. Pemerintah perlu menyiapkan sarana dan prasarana demi menunjang keberlangsungan kegiatan belajar para peserta didik; (4) Berkaitan dengan tanggung jawab Gereja. Perlu adanya kunjungan berkala dari pastor di Paroki Hati Amat Kudus Wolowaru ke SMP Swasta Katolik Wolowaru; perlu melakukan promosi-promosi melalui mimbar untuk menarik lebih banyak orang untuk mengenyam pendidikan di lembaga ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Menurut Deklarasi Gravissimum Educationis, SMP Swasta Katolik Wolowaru, implikasi GE bagi SMP Swasta Katolik Wolowaru.
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 261 Teologi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:55
Last Modified: 14 Aug 2024 23:55
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item