Efektivitas Penerapan Media Scrapbook dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas VIIIA dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMP Negeri Nuba Arat

SUBU, Bergita Teresa (2024) Efektivitas Penerapan Media Scrapbook dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas VIIIA dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMP Negeri Nuba Arat. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (484kB)

Abstract

Tujuan penelitian skirpsi ini untuk: 1). Menjelaskan model dan media pembelajaran, 2). Menjelaskan penerapan media pembelajaran Scrapbook, 3). Tingkat pemahaman dan kreativitas belajar siswa, 4). Mengetahui efektivitas penerapan media scrapbook dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa kelas VIIIA di SMPN Nuba Arat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan Taggar melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam metode Kemis dan Tanggart terdapat empat tahap peneltian yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni intrumen tes dan non tes. Intrumen tes berupa soal pree test dan post test pada setiap siklus sedangkan intrumen non tes berupa lembar observasi kelas, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Berdasarkan penelitian yang telah dibuat, maka hasil data yang diperoleh selama penelitian tindakan baik pada siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan pada aspek pemahaman siswa dan kreativitas belajar yang dapat dilihat dari hasil belajar dan lembar observasi proses belajar. Siklus pertama menunjukkan jumlah rata-rata proses belajar siswa yakni 74%. Prosentase siswa yang memenuhi aspek observasi proses belajar sebesar 77% dan prosentase siswa yang tidak memenuhi aspek observasi proses belajar siswa sebanyak 23%. Selain itu nilai hasil belajar siswa pada tes awal sebesar 63,13 dengan prosentasi ketuntasan hasil belajar sebesar 27%. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada tes akhir pembelajaran yang menggunakan media scrapbook sebesar 76,23 dengan prosesntase pencapaian ketuntasan belajar siswa sebesar 77%. Siklus kedua dilakukan untuk memaksimalkan pembelajaran yang telah dilaksanakan pada siklus pertama. Hasil rata-rata proses belajar siswa meningkat hingga 80% dengan prosentasi ketuntasan proses belajar mencapai 100%. Sementara itu nilai rata-rata hasil bekajar siswa untuk pree test sebesar 75,57 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 67%. Selanjutnya prosentasi peserta didik yang tidak tuntas sebesar 33%. Hasil belajar post test pada siklus kedua meningkat hingga 81,33 dengan prosentasi ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian berdasarkan data yang diperoleh peneliti pada setiap siklus tindakan dapat dikatakan bahwa penerapan media scrapbook secara efektif dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas belajar siswa kelas VIIIA dalam mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri Nuba Arat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Media scrapbook, Tingkat Pemahaman, Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:18
Last Modified: 14 Aug 2024 23:18
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item View Item