VENSINYO, Venansius (2024) Relevansi Konsep Pendidikan Driyarkara bagi Pendidikan Karakter Bangsa. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan konsep pendidikan karakter secara umum; (2) menjelaskan tokoh filsuf Nicolaus Driyarkara dan menggambarkan konsepnya tentang pendidikan; dan (3) menganalisis serta menerangkan relevansi konsep pendidikan Driyarkara bagi pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini dilakukan penulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini ialah studi pustaka. Objek yang diteliti adalah pendidikan karakter dan konsep Pendidikan menurut Driyarkara. Sumber data utama penelitian ini ialah buku Karya Lengkap Driyarkara dan Seri Buku Driyarkara tentang Pendidikan. Sumber data sekunder diperoleh dari kajian atas berbagai buku, jurnal, kamus, skripsi dan artikel-artikel lepas tentang pendidikan karakter dan konsep pendidikan Driyarkara yang ditemukan penulis di perpustakaan maupun diunduh dari internet. Setelah data dikumpulkan, penulis melakukan analisis data untuk menjawabi rumusan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik beberapa poin kesimpulan sebagai berikut; pertama, pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam membentuk karakter bangsa. Untuk dapat membentuk karakter, pendidikan hendaknya tidak diasosiasikan sebagai tempat transfer ilmu, melainkan transfer nilai seperti; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Kedua, Driyarkara adalah salah satu pemikir yang menggagas tentang teori pendidikan. Bagi Driyarkara pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia muda, yakni hominisasi dan humanisasi. Upaya pemanusiaan itu menekankan tentang budi pekerti (karakter), nilai moral, agar menjadi manusia yang bukan hanya homo, melainkan menjadi homo yang human. Ketiga, membentuk karakter melalui pendidikan bukanlah hal mudah. Dalam membentuk anak didik, Driyarkara menekankan sentralitas peran orang tua dan stakeholder pendidikan lainnya seperti sekolah, masyarakat dan pemerintah. Untuk mencapai hasil pendidikan yang dimaksud, Driyarkara juga menekankan beberapa hal yang mesti diketahui dan diaplikasi oleh pendidik, yakni pentingnya pemahaman dasar pendidikan, pendidikan yang mengikuti perkembangan zaman dan mendidik dengan cinta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pendidikan Driyarkara, dan Homonisasi-Humanisasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 07 May 2024 23:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 11:31 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2221 |
Actions (login required)
View Item |