Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Remaja Di SMA Negeri 1 Nita

KLAU, Damianus Adrianus (2024) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Remaja Di SMA Negeri 1 Nita. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (533kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki peran guru dalam pembentukan karakter siswa remaja di SMA Negeri 1 Nita. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran guru dalam membentuk karakter siswa remaja, bagaimana interaksi antara guru dan siswa, serta kegiatan ekstrakurikuler yang didukung oleh guru dapat memengaruhi pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 34 yang terdiri dari 4 responden guru dan 30 responden siswa. Alasan utama mengapa penulis memilih judul skripsi ini ialah untuk mengetahui seberapa besar peran guru dalam membentuk karakter siswa remaja di SMA Negeri 1 Nita. Terdapat beberapa hal mengapa alasan ini penting, yaitu: Pertama, memahami peran guru dalam membentuk karakter siswa remaja menjadi krusial dalam kurikulum pendidikan saat ini. Kedua, karakter siswa memainkan peran penting dalam keberhasilan akademis dan sosial mereka. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh guru dalam membentuk karakter siswa, maka penulis dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Ketiga, dengan pemahaman yang lebih baik tentang peran guru dalam membentuk karakter siswa, maka penulis dapat memberikan rekomendasi atau saran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Nita serta di sekolah-sekolah lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai interaksi dan kegiatan di sekolah, seperti pembelajaran di kelas, pembinaan sikap dan nilai-nilai positif, pengembangan keterampilan dan kepemimpinan, dan pengembangan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. Implikasi penelitian ini mendukung pentingnya peran guru sebagai agen pembentuk karakter siswa remaja dan menyoroti perlunya perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya dukungan yang berkelanjutan bagi guru dalam melaksanakan perannya yang krusial dalam pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, pembentukan karakter, dan siswa remaja.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Maria Mercyana Lenung
Date Deposited: 23 Apr 2024 05:00
Last Modified: 12 Sep 2024 07:28
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item