TAP, Adrianus (2023) Peran Pedagogi Kritis Henry A. Giroux terhadap Pendidikan di NTT. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
ADRIANUS TAP_Abstraksi.pdf Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mengenal siapa itu Henry A. Giroux dan bagaimana konsep pedagogi kritisnya; (2) mendeskripsikan realitas pendidikan yang terjadi di NTT; (3) menemukan peran pedagogi kritis terhadap realitas pendidikan di NTT. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penelitian deskriptif kualitatif ini, penulis menggarap banyak buku, jurnal, materi seminar, skripsi, tesis, artikel-artikel ilmiah, dan sumber tertulis lainnya yang relevan dengan judul karya ilmiah ini. Berdasarkan hasil analisis dari metode penelitian deskriptif kualitatif di atas, disimpulkan bahwa Henry A. Giroux dalam teori pedagogi kritisnya melihat pendekatan pembelajaran yang berupaya untuk membantu peserta didik mempertanyakan dan menentang dominasi serta keyakinan dan praktik-praktik yang mendominasi. Ia memposisikan pendidikan sebagai alat pembebasan peserta didik. Dalam hal ini, ia memperluas makna pedagogi sebagai paradigma kehidupan, yakni pandangan yang dianut oleh seseorang secara mendalam untuk melihat hubungan dengan orang lain. Paradigma yang diajukan oleh Giroux bersikap kritis. Artinya ia mempertanyakan hubungan kekuasaan yang terletak di dalam masyarakat. Guna mencapai sikap ini, perlu adanya wawasan yang luas untuk melihat persoalan dalam kaitannya dengan persoalan yang lain dan kepekaan moral untuk membuat penilaian baik dan buruk terhadap suatu peristiwa. Perpaduan sikap kritis, keluasan wawasan serta kepekaan moral menjadikan pedagogi kritis sebagai inspirasi bagi pendidikan di NTT. Rendahnya kualitas pendidikan serta meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran menjadi potret buram masyarakat NTT. Rendahnya kualitas pendidikan di NTT dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari sarana dan prasarana yang kurang memadai, rendahnya kompetensi guru dan cara berpikir orang tua yang masih primitif terhadap pendidikan anak. Hal tersebut terus menjamur dan berakar kuat dalam dunia pendidikan di NTT. Kebebasan dari peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi diri masih menjadi persoalan di NTT. Daya kritis peserta didik terhadap realitas sosial masih sangat rendah. Guna untuk merangsang daya pikir kritis maka perlu adanya literasi di setiap jenjang pendidikan. Sekolah sebagai tempat perjuangan dan pemicu perubahan sosial yang bergerak di antara dua titik, yakni kritik terhadap keadaan masyarakat dan sekaligus harapan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini juga menuntut peran dari setiap elemen, mulai dari pemerintah, pendidik, peserta didik dan juga orang tua demi meningkatkan kualitas daya kritis peserta didik. Jadi peran pedagogi kritis Henry A. Giroux sangat penting dan relevan sebab memberikan solusi untuk peningkatan kualitas pendidikan di NTT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogi Kritis, Henry A. Giroux, Pendidikan di NTT |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 22 May 2023 00:50 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:10 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1609 |
Actions (login required)
View Item |