De Clericis Et De Ordine

OLA DAEN, Philip (2019) De Clericis Et De Ordine. [Teaching Resource] (Unpublished)

[img] Text
DE CLERICIS ET DE ORDINE - dok.docx
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

De Clericis et De Ordine adalah dua bagian integral yang menelaah tentang klerus dan imamat dari perspektif yuridis. Klerus adalah sekelompok orang yang dipilih dari antara umat beriman dan yang sudah menerima tahbisan diakon, imam dan uskup dan bersama-sama menjadi anggota hirarki. Itu berarti qonditio sine qua non untuk menjadi klerus adalah tahbisan. Karena itu, tahbisan yang secara khusus digarap dalam konteks imamat dipandang urgen untuk diberikan sebagai bagian integral dari klerus. Cakupan telaahan tentang klerus meliputi pendidikan klerus, inkardinasi dan ekskardinasi klerus, kewajiban-kewajiban dan hak-hak klerus, dan kehilangan status kelerikal. Sedangkan lingkup kajian tentang imamat mencakup upacara tahbisan dan pelayanannya, calon-calon tahbisan, pencatatan dan kesaksian mengenai tahbisan yang telah dilaksanakan. Karena topik-topik telaahan ini dalam prespektif yuridis, maka garapannya terfokus lebih pada mengkaji secara kritis perumusan perundang-undangan yang termuat dalam Kitab Hukum Kanonik 1983 sambil membandingkannya dengan doukemen-dokumen Gereja, khususnya Dokumen Konsili Vatikan II dengan tetap memperhatikan spirit of charity, temperance, humanness, and moderation. Dengan telaahan yuridis ini, para calon klerus dan klerus dibantu untuk memiliki wawasan yang komprehensif dan benar mengenai klerus dan imamat sehingga mereka dapat menjalankan misinya secara lebih berdaya guna dan berhasil guna. Mereka pada akhirnya dibimbing, distimulasi, dipromosi, dilindungi dan diselamatkan.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 262 Eklesiologi
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Philipus Ola Daen
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:46
Last Modified: 08 May 2024 02:43
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item