Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka

DITA, Melthodius Roni (2021) Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Melthodius Roni Dita_Abstraksi.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tema penelitian ini adalah pengaruh game online terhadap perkembangan sosial pada anak usia 6-12 tahun yang dilakukan di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh game online terhadap perkembangan sosial pada anak usia 6-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang anak. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner. Ada 3 variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) kebiasaan anak dalam bermain game online, 2) pengarauh game online terhadap perkembangan sosial pada anak, 3) bagaimana cara orangtua mengatasi pengaruh terhadap kebiasaan anak dalam bermain game online. Data dianalisa dengan menggunakan perhitungan variabilitas yaitu: mean, modus dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum perkembangan sosial anak usia 6-12 tahun yang bermain game online di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka adalah mereka “pernah” terpengaruh ketika mereka membiasakan diri bermain game online. Variabel pertama yaitu kebiasaan anak bermain game online mempunyai beberapa kebiasaan yaitu: a) anak suka bermain game online; b) anak bermain game online setiap hari, c) orangtua membiasakan anak untuk bermain game online di dalam rumah daripada bermain di luar rumah, d) Anak sering terbiasa lupa waktu ketika bermain game online, e) Anak membiasakan diri bermain game online ketimbang bermain bersama dengan teman-temannya, f) anak membiasakan bermain game online ketika mengalami stress, g) anak membiasakan menghabiskan waktu luang dengan bermain game online, h) Anak membiasakan bermain game onlinenya sampai merasa puas. Variabel Kedua adalah pengaruh perkembangan sosial karena kebiasaan bermain game online. Di dalam bagian ini terdapat beberapa pengaruh sosial yang dialami ketika bermain game online yaitu: a) anak lebih fokus bermain game online tanpa memperdulikan lagi orang yang ada di sekitarnya, b) anak lebih suka bermain game online dibanding melakukan aktifitas bersama dengan keluarga dan teman-temannya, c) anak pada saat bermain game online tidak mau diajak untuk berbicara, d) anak lebih suka bermain game online dengan teman yang aktif bermain game online daripada bermain sendiri, e) anak lebih suka berinteraksi dengan teman-teman yang aktif dalam bermain game online, f) anak lebih suka bermain game online daripada bermain secara fisik seperti olahraga, masak-masakan, tembak-tembakan dan permainan tradisional lainnya bersama dengan teman-teman sebayanya, g) pada saat anak bermain game online di dalam rumah, anak tidak mau berkomunikasi dengan orangtua, kakak, adaik, dan semua orang yang ada dalam rumah, h) di lingkungan sekolah anak lebih memilih bermain game online sendirian daripada bercerita bersama dengan teman-teman ataupun jajan bersama dengan teman-temannya. Variabel Ketiga adalah penilaian dari orangtua terhadap anak yang perkembangan sosialnya terpengaruh karena bermain game online yaitu: a) anak sering lupa waktu ketika bermain game online, b) Anak lebih suka terkurung di dalam rumah. pada saat anak bermain game online, c) anak tidak suka untuk diajak berbicara, d) anak lebih suka berinteraksi atau berelasi dengan teman-teman yang ada dalam game online, e) anak lebih suka bermain game online daripada bermain dengan teman sebayanya, f) anak lebih banyak menghabiskan waktu 2-4 jam dan bahkan lebih hanya untuk bermain game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Anak-anak usia 6-12 Tahun, Perkembangan sosial, Kebiasaan, dan Pengaruh.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:39
Last Modified: 22 Nov 2022 04:23
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item