Dimensi Etnomusikologi dalam Lagu No Woman No Cry Karya Bob Marley dan Relevansinya Terhadap Perbaikan Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Musik Reggae

KELEN, Yoseph Norbertus Pehan (2021) Dimensi Etnomusikologi dalam Lagu No Woman No Cry Karya Bob Marley dan Relevansinya Terhadap Perbaikan Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Musik Reggae. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi etnomusikologi yang terkandung dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley dan relevansinya bagi pengubahan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Objek yang diteliti ialah dimensi etnomusikologi yang terkandung dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley. Wujud data berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat dalam lirik lagu No Woman No Cry. Sumber data utama penelitian ini adalah teks lirik lagu No Woman No Cry dan buku No Woman No Cry karya Rita Marley dan Hattie Jones. Sumber data sekunder diperoleh dari kajian terhadap penelitianpenelitian terdahulu, khususnya penelitian sastra dengan tinjauan etnomusikologi. Teknik penelitian data yang digunakan adalah teknik non interaktif, yang meliputi teknik analisis isi (content analysis) terhadap dokumen dan arsip. Langkah yang digunakan dalam teknik content analysis ditempuh dengan (1) membaca dan memahami buku yang berbicara tentang etnomusikologi, musik reggae dan terkhususnya lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No Woman No Cry karya Rita Marley dan Hattie Jones, (2) mengumpulkan dan mempelajari beberapa teori yang relevan dengan tema penelitian, dan (3) mencatat dan menganalisis semua data, berupa kutipan penting yang sesuai dengan permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model mengalir. Teknik ini dimulai dengan penumpulan data, reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangualasi data. Triangualasi data dilakukan dengan menggunakan data dari lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No Woman No Cry karya Rita dan Hattie dan didukung oleh beberapa data sekunder yang berkaitan dengan kajian dimensi etnomusikologi dalam musik atau lagu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, di dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley terdapat tiga dimensi etnomusikologi yang berguna bagi perbaikan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) teks yang berbicara tentang material musik dan lirik lagu, (2) konteks yang menggambarkan kebudayaan tempat lagu itu lahir dan (3) fungsi lagu bagi masyarakat pendukungnya. Ketiga dimensi etnomusikologi dalam lagu No Woman No Cry di atas, menghasilkan empat nilai yang relevan bagi perbaikan bagi persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) musik reggae sebagai hasil ekspresi masyarakat untuk mempertahankan tradisi, (2) musik reggae sebagai musik perlawanan terhadap marginalisasi dan ketidakadilan, (3) musik reggae sebagai musik perdamaian, dan (4) musik reggae sebagai penghibur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomusikologi, dimensi etnomusikologi, musik reggae, lagu No Woman No Cry, masyarakat Indonesia
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 780 Musik > 780 Musik
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 28 May 2021 03:21
Last Modified: 24 Nov 2022 04:11
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item