Peran Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak Berbasis Psikologi Positif Martin Seligman

KASMAN, Adelbertus Zakarias (2020) Peran Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak Berbasis Psikologi Positif Martin Seligman. Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
Adelbertus Zakarias Kasman (16.75.5801).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) meningkatkan mutu peran orangtua dalam pendidikan karakter anak, (2) memberikan pemahaman kepada orangtua tentang peran mereka dalam pembentukan karakter anak, (3) memperkenalkan kepada orangtua metode mendidik dan membentuk karakter anak secara efektif sesuai yang dikaji dalam psikologi positif Martin Seligman. Metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah Metode Kepustakaan (Library Research), dengan beberapa tulisan Martin Seligman sendiri sebagai sumber utama. Langkah-langkah yang digunakan oleh penulis pertama, penulis berusaha mendalami karya-karya Martin Seligman, terutama teori-teori yang relevan dengan tema pendidikan karakter seorang anak. Kedua, mendalami berbagai sumber tentang pendidikan karakter. Ketiga, penulis mencoba meninjau kembali peran orangtua dalam pembentukan karakter anak, sembari mencoba untuk mengimplementasikan teori-teori Martin Seligman ke dalamnya. Berdasarkan pendalaman terhadap berbagai sumber tersebut penulis menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut. Pertama, psikologi positif merupakan disiplin ilmu yang membahas manusia sebagai sosok yang positif, mempromosikan kesehatan mental manusia dengan mengedepankan pertumbuhan manusia sesuai dengan karakter atau disebut Seligman sebagai kekuatan khas manusia. Kedua, psikologi positif mempunyai tiga pilar utama yaitu karakter positif, emosi positif dan institusi positif. Ketiga hal ini sekaligus adalah ruang lingkup psikologi positif. Ditinjau dari dimensi psikologi positif ketiganya dapat dilihat dari tingkat subyektif, individu, dan kelompok. Ketiga, sebagai ilmu yang mempelajari aktivitas mental manusia point penting yang paling ditekankan dalam psikologi positif ialah memberikan upaya preventif dan memberi makna positif bagi setiap aspek kehidupan manusia. Dalam konteks pendidikan karakter, terutama pendidikan karakter dalam keluarga, psikologi positif yang dimotori Martin Seligman memberikan kontribusi yang signifikan. Ketiga pilar utama dalam psikologi positif (karakter positif, emosi positif dan intitusi positif) membantu orangtua dalam menggali dan mengenal karakter anak, kemudian mengembangkannya sebagai keunggulan atau kekuatan dalam diri anak di masa depan. Ketiga pilar ini tidak hanya berkaitan dengan anak sebagai pribadi yang dibentuk, tetapi juga mencakup orangtua yang berperan sebagai pribadi yang membentuk. Hal ini karena keluarga merupakan institusi positif tempat seorang anak hidup, bertumbuh dan menerima berbagai hal dalam hidupnya maka peran orangtua sebagai pribadi yang membentuk tentu juga mendapat perhatian. Dalam kajian tentang peran orangtua inilah Seligman sungguh menyadari bahwa banyak hal perlu menjadi perhatian. Orangtua dituntut untuk mampu menciptakan keadaan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan karakter anak misalnya suasana yang damai, relasi yang baik dan komunikasi yang sarat nilai. Selain itu dalam pembentukan karakter yang baik, Seligman juga menekankan keteladanan orangtua sebagai pendidik. Bagi Seligman mendidik anak bukan hanya soal kemampuan untuk mentransfer pemahaman dengan kata-kata, lebih dari itu mendidik berarti pula mencakup kemampuan untuk menyelaraskan kata-kata dengan perbuatan. Orangtua harus menjadi pihak pertama yang menghidupi nilai-nilai yang akan diajarkan kepada anak. Dengan demikian seorang anak yang pada umumnya dapat bertumbuh dengan mendengar dan melihat pun memiliki cerminan yang tepat dalam berperilaku. Pemahaman yang baik dan benar dari orangtua tentang perannya dalam pembentukan karakter anak akan sangat membantu proses penginternalisasian nilai-nilai kehidupan dalam upaya pembentukan karakter anak. Pada akhirnya pembentukan karakter anak juga membutuhkan dukungan dan keterlibatan berbagai pihak seperti Gereja dan pemerintah. Harapan untuk menyaksikan generasi-generasi muda yang tangguh dalam menghadai perkembangan zaman serta sukses di masa depan, yang bertumbuh dengan bertumpu pada nilai-nilai yang positif pun akan semakin mudah terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Psikologi positif, pendidikan, pendidikan karakter, karakter, anak, orangtua, peran orangtua dan keluarga.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 19 Oct 2020 00:50
Last Modified: 09 Dec 2022 01:38
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item