Kepemimpinan Kolegial Perguruan Tinggi Katolik Di Flores (Studi Kasus Di Stkip Santu Paulus Ruteng Dan Stfk Ledalero)

MAKU, Hendrikus and EDU, Ambros Leonangung and JAYA, Petrus Redy Partus (2019) Kepemimpinan Kolegial Perguruan Tinggi Katolik Di Flores (Studi Kasus Di Stkip Santu Paulus Ruteng Dan Stfk Ledalero). In: Membangun Manusia Seutuhnya: Perspektif Agama, Kebudayaan Dan Pendidikan. Penerbit Unika Santu Paulus Ruteng (Anggota IKAPI), Ruteng, pp. 351-372. ISBN 978-623-7318-02-6

This is the latest version of this item.

[img] Text
BUKU_MEMBANGUN MANUSIA SEUTUHNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian terhadap model dan praktik kepemimpinan kolegial yang diterapkan para pemimpin dua lembaga besar Katolik di daratan Flores: STKIP Santu Paulus Ruteng dan STFK Ledalero. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dan observasi. Para informan yang diambil sebanyak 30 dosen STKIP Santu Paulus Ruteng dan 14 orang (pimpinan dan dosen) dari STFK Ledalero. Data dianalisa menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penyimpulan. Ada empat indikator utama model kepemimpinan kolegial yaitu: devolution of power, empowerment, shared decision making, shared leadership. Untuk mendapatkan data, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik kepemimpinan yang diterapkan pada lembaga pendidikan tinggi STFK Ledalero dan STKIP Santu Paulus Ruteng merupakan model kepemimpinan kolegial. Dalam menjalankan tugas kepemimpinan, ketua sekolah memberi kesempatan kepada para dosen untuk menjadi pemimpin dalam aneka pertemuan dan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Kesempatan seperti ini sekaligus merupakan pemberdayaan diri dosen terutama dosen dosen muda. Hal ini mendorong setiap dosen menunjukan rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan tugas-tugas tridarma. Pemberian kesempatan menjadi pemimpin dan pemberdayaan dosen dalam aneka kegiatan tridarma bertujuan meningkatkan kapasitas dosen agar dapat memberi kontribusi bermakna bagi peningkatan mutu kampus.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Depositing User: Mr Hendrikus Maku
Date Deposited: 07 Aug 2025 05:37
Last Modified: 07 Aug 2025 05:37
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3225

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item