Pendidikan di Era Revolusi Digital (Civil society 5.0 Era) Persfektif Yuval Noah Harari
DOI:
https://doi.org/10.9000/jpt.v3i6.2031Keywords:
Pendidikan, Revolusi digital, Civil Society 5.0, Yuval Noah HarariAbstract
Saat memasuki era revolusi industri 4.0 yang sarat dengan perkembangan teknologi dan masifnya penggunaan internet, kini dunia hadir dengan revolusi baru yakni civil society 5.0, suatu revolusi yang menekankan konsep kolaborasi antara manusia dan teknologi untuk menciptakan nilai-nilai baru yang berkelanjutan. Kekhasan utama revolusi ini adalah kemajuan dunia digital, sehingga era masyarakat sipil 5.0 sering disebut sebagai revolusi digital. Sebagai wadah yang mempunyai tugas untuk melahirkan manusia yang tanggap zaman, dunia pendidikan juga menerima dampak yang kuat dari konsep civil society 5.0 . Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan keberadaan keberadaan dunia pendidikan di era civil society 5.0 . Hal ini mencakup bagaimana dunia pendidikan menanggapi revolusi revolusi digital, dan apa yang perlu dibuat oleh dunia pendidikan untuk melahirkan manusia yang berguna di era ini. Adapun yang menjadi titik tolak pikiran dari tulisan ini adalah dengan menganalisis pemikiran seorang sejarahwan dan filsuf modern, Yuval Noah Harari. Harari terkenal dengan analisis sejarahnya yang tidak hanya mencakup masa lalu, tetapi juga masa sekarang dan masa depan. Analisis sejarah masa depan Harari menjadi pedoman dalam membentuk pendidikan di era masyarakat sipil 5.0 .
Downloads
References
Amalia, N. F., & Munif, M. V. (2023). Tantangan dan Upaya Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). 1-13. https://doi.org/10.52166/mjiaud.v2i1.4741
Darsyah, S., & Septemiarti, I. (2023). Etika dan Tanggung Jawab Pendidik dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Pendidikan Ibn Sahnun dalam Kitab Adab Al-Mu'allimin). Journal of Educational Research, 4(3), 1128-11344. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.365
Fukuyama, M. (2018, Agustus 27). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. dalam Japan SPOTLIGHT: https://www8.cao.go.jp/cstp/%0Ahttp://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=108487927&site=ehost-live, diakses 12 oktober 2024
Gadamer, H. G. (1975). Truth and Method. London: Sheed and Ward.
Harari, Y. N. (2018). Homo Deus: Masa Depan Umat Manusia. (Y. Musthova, Trans.) Tanggerang: Alphabet.
Harari, Y. N. (2020). 21 Lesson: 21 Adab untuk Abad ke-21. (H. Algebra, Trans.) Manado: Globalindo.
Jabri, N. A., & Santoso, G. (2023). Citical Thinking 21st Era 4.0. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 17-21.
Marchese, D. (2021). Yuval Noah Harari has about gender daebates. New York: Majalah New York Times. https://www.proquest.com/docview/2596629299/266A54D4475E4513PQ/16?accountid=215812&sourcetype=Magazines, diakses 13 Oktober 2024
Mbukut, A. (2024). Media Sosial dan Orientasi Diri Generasi Muda Indonesia. Jurnal Filsafat, 1(7). https://doi.org/10.23887/jfi.v71.67571
Muvid, B. (2020). Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi. Kuningan: Goresan Pena.
Nufus, F. H., Santoso, G., & Bahij, A. A. (2023). Pengembangan Karakter Kreatif dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Pendidikan Terapan (Jupetra), 2(5). 259-269. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i5.1580
Friere, Paulo. (1972). Pedagogy of the Oppressed . New York: Pemguim Books.
Setyawan, S. (2023). Teaching 5.0. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiono, S. (2021). Peran E-Government dalam Membangun Society 5.0: Tinjauan Konseptual Terhadap Aspek Keberlanjutan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(2). 115-125. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.115-125
Susanto, G., Bitan, I. A., Sasa, S. F., & Nisa, N. D. (2323). Memaknai Kembali Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 melaui Nasionalisme Indonesia pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2). 61-65. https://doi.org/10.9000/jpt.vi2i2.393
Utami, I. N., Pranata, N. P., Syihab, N. M., & Kembara, M. D. (2024). Mengapa Etika Penting di Era Digital. Jurnal Insan Pendidkan dan Sosial Humaniora, 2(3), 122-132. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v21i3.3418.
Amani, S. N., Hidayat, M., & Santoso, G. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Substansi Geometri Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 Tahun Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 02(04), 587–594.
Febiyanti, N., Lestari, S., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Kunci Literasi : Jangan Paksa Anak Membaca ? Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(02), 28–32.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., Santoso, G., Indonesia, I. P., & Sumatera, T. (2022). Sisi Lemah Spesialis : Haruskah Menjadi Generalis ? Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 01(01), 13–19. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/237/344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dominikus Zinyo Darling, Angelus Pasli Armansi, Fransiskus Alvio Marsoyo; Gunawan Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN: 2963-3176) adalah Jurnal open-access, yang berarti bahwa pengunjung di seluruh dunia dapat membaca, mengunduh, mengutip, dan mendistribusikan makalah yang diterbitkan dalam jurnal ini. Kami mengadopsi model peer-review, yang menjamin penerbitan cepat dan pengiriman yang mudah. Kami sekarang dengan hormat mengundang Anda untuk berkontribusi atau merekomendasikan makalah berkualitas kepada kami. Tesis, disertasi, makalah penelitian, dan ulasan semuanya dapat diterima untuk dipublikasikan.