Membaca Lukas 19:1-10 Dari Kacamata Teori Keadilan John Rawls

MEZE, Yohanes Siga (2024) Membaca Lukas 19:1-10 Dari Kacamata Teori Keadilan John Rawls. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Yohanes Siga Meze_ABSTRAKSI.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan inti teori keadilan John Rawls, (2) menguraikan eksegese kisah Zakheus dan (3) membaca kisah Zakheus dalam Lukas 19:1-10 dengan teori keadilan John Rawls. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah membaca ketidakadilan dalam narasi injil Lukas 19:1-10 dari kacamata teori keadilan John Rawls. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (buku-buku, jurnal, artikel-artikel dan sumber-sumber dari internet) yang berkaitan dengan objek penelitian. Permasalahan pajak di Indonesia menjadi isu kritis dalam politik dan ekonomi, di mana pajak menjadi sumber utama pendapatan pemerintah untuk layanan publik. Namun, penggelapan pajak merupakan masalah serius yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap sistem perpajakan di Indonesia. Penelitian ini penunjukan bahwa kisah Zakheus dalam Lukas 19:1-10 juga memberikan gambaran tentang ketidakadilan dan penyalahgunaan kekuasaan dalam penerimaan dan pemungutan pajak. Konsep keadilan John Rawls tentang keadilan sebagai fairness memberikan landasan untuk memahami dan mengevaluasi kondisi ini, dengan menekankan pentingnya distribusi yang adil, peran individu dalam memilih prinsip-prinsip keadilan tanpa keuntungan pribadi, dan perlunya aturan yang mengatur hak dan kewajiban untuk memastikan kesetaraan dan kebebasan individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: John Rawls, Lukas 19:1-10, keadilan fairness, Zakheus
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 101 Teori filsafat
200 – Agama > 220 Alkitab > 225 Perjanjian Baru
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 06 May 2024 04:45
Last Modified: 06 May 2024 04:45
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item