Posisi Perempuan Dalam Kebudayaan Matriarkat Tana Ai Dan Relevansinya Terhadap Tahap Perekonstruksian Martabat Perempuan

NUKAK, Nikolaus (2020) Posisi Perempuan Dalam Kebudayaan Matriarkat Tana Ai Dan Relevansinya Terhadap Tahap Perekonstruksian Martabat Perempuan. Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (157kB)

Abstract

Tana ai merupakan salah satu wilayah administrasi Kabupaten Sikka tepatnya di bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Flores Timur. Masyarakat asli wilayah ini menganut sistem kebudayaan matriarkat yang mana kekuasaan klan berada di bawah pengaruh seorang ibu. Keadaan natural perempuan yang dapat membuahi, mengandung dan melahirkan adalah kondisi yang memungkinkan perempuan untuk berkuasa atas warisan dan keturunan. Keadaan tersebut perempuan diberi wewenang untuk mengatur dan melindungi kehidupan anggota klan. Pergerakan dan kebebasan perempuan dalam ranah luas dibatasi, perempuan hanya boleh terlibat dalam kekuasaan domestik (klan) sedangkan dalam dunia politik dan pendidikan dikhususkan bagi laki-laki. Situasi demikian menempatkan perempuan Tana ai pada posisi kontroversial di mana satu sisi mereka dinomorduakan sementara dalam sistem kekuasaan mereka memiliki otoritas kekuasaan matriarkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 392 Adat istiadat setempat
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:53
Last Modified: 15 Dec 2022 08:31
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item