HAYONG, Bernardus Subang (2022) Narrative Connectedness: A Chain For Understanding Others In The Philosophy Of Eleonore Stump. Jurnal Filsafat UGM, 32 (2). pp. 165-189. ISSN 0853-1870
Text
artikel ttng Stump di Jurnal Filsafat UGM.pdf Download (418kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menelusuri pemikiran Eleanor Stump mengenai narasi sebagai sarana mengetahui yang-lain dan untuk mempertahankan koginitivisme naratif. Di sisi lain, argumentasi utama penelitian ini adalah untuk memeriksa analisis naratif yang memediasi pengalaman orang kedua sebagai sarana untuk mendapatkan pemahaman diri dan pemahaman mengenai yang lain. Penelitian ini menggunakan metode ekspositori, analitis, dan kritis. Metode ekspositori digunakan untuk memahami bagaimana Stump mengeksplorasi varian variabel dalam pencarian makna dan penjelasan dari interaksi manusia. Metode analitis digunakan untuk mengkaji bagaimana pengalaman orang kedua dapat dikomunikasikan dalam narasi. Sementara, metode kritis digunakan untuk memperkenalkan konsep metodologis dalam mengevaluasi pemikiran Stump. Dalam mengembangkan pendekatan ini, penulis memperkenalkan perspektif orang kedua dan sifat pengetahuan yang dapat diperoleh melalui narasi. Penulis menyimpulkan diskusi mengenai kontribusi keterhubungan naratif dalam pemahaman yang-lain sebagai diri. Artikel ini akan menunjukkan bahwa keterhubungan naratif merupakan bentuk penalaran yang signifikan, sarana untuk memahami, dan instrumen untuk ekspresi diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 101 Teori filsafat 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 102 Aneka ragam tentang filsafat 100 - Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemologi > 121 Epistemologi |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Bernardus S. Hayong |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 00:51 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 00:51 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1811 |
Actions (login required)
View Item |