Andragogi dan Pentingnya Pendidikan Berlanjut bagi Orang Tua

KILO, Yohanes Kresna (2023) Andragogi dan Pentingnya Pendidikan Berlanjut bagi Orang Tua. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Yohanes Kresna Kilo_Abstraksi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk (1) memperkenalkan andragogi. Bahwasanya banyak orang dewasa belum mengenal ilmu andragogi, dan (2) menjelaskan korelasi andragogi dalam memengaruhi orang dewasa (orang tua). Metode yang digunakan dalam karya ilimiah ini adalah metode kepustakaan dan metode penelitian. Konsep bahwa pendidikan hanya diperuntukkan bagi anak-anak adalah konsep yang tidak berdasar. Bahwasanya, pendidikan adalah milik semua orang, tanpa mengenal batasan usia tertentu. Oleh sebab itu, pendidikan tidak saja diperuntukkan bagi anak-anak (pedagogi), melainkan juga untuk orang tua (andragogi). Kematangan secara biologis, psikologis dan kepemilikan atas segudang pengalaman, sesungguhnya tidak menjamin kehidupan orang tua. Menyadari hal tersebut, andragogi bukanlah sebuah hal yang opsional melainkan hal yang penting dan mendesak bagi orang tua. Andragogi secara integral memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan orang tua. Andragogi sangat penting bagi kehidupan orang tua. Pertama, membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Dalam pendidikan berkelanjutan, keterampilan orang tua semakin berkembang. Keterampilan dan keahlian yang diperoleh dalam pendidikan yang berkelanjutan di satu sisi membuka peluang bagi orang tua untuk membuka usahanya sendiri. Kedua, mengembangkan wawasan orang tua. Pendidikan berkelanjutan membuka wawasan dan pola pikir orang tua. Ilmu yang tidak pernah dipelajari selama pendidikan formal, akhirnya bisa dipelajari orang tua ketika mengikuti pendidikan berkelanjutan. Ketiga, menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pendidikan berkelanjutan kepada anak-anak. Orang tua mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai kehidupan kepada anak-anak. Andragogi (pendidikan berkelanjutan) oleh penulis digunakan sebagai landasan fundamental untuk mengambil sikap konkret terhadap perkembangan hidup orang tua. Andragogi diyakini dapat mendorong orang tua untuk berkembang, baik secara jasmani maupun rohani. Andragogi mempunyai sumbangsihnya tersendiri bagi orang tua, antara lain, Pertama, membuka wawasan orang tua. Bahwasanya, pendidikan tidak selamanya diperoleh melalui pendidikan formal. Orang tua dapat mengakses pendidikan melalui pendidikan non-formal atau pendidikan berkelanjutan. Kedua, mentransformasi pola pikir orang tua mengenai kompleksitas kehidupan. Ketiga, belajar sepanjang hayat (Long life education). Bahwasanya, belajar tidak pernah mengenal akhir dan batasan usia tertentu. Dengan terus belajar, orang tua akan terus mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Andragogi, Pendidikan Berkelanjutan dan Orang Tua
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk orang dewasa
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 15 May 2023 01:54
Last Modified: 25 Jul 2023 00:21
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item