Menangani Persoalan Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Dengan Konseling Realitas

RADE, Kanisius (2023) Menangani Persoalan Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Dengan Konseling Realitas. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Kanisius Rade_Abstraksi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Game online digunakan dan digemari oleh banyak orang, khususnya di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pengaruh kecanduan game online di kalangan remaja dan (2) menjelaskan tentang bagaimana menangani persoalan kecanduan game online di kalangan remaja dengan menggunakan pendekatan konseling realitas. Objek kajian dari penelitian ini adalah remaja, kecanduan game online, dan pengaruh game online terhadap perkembangan remaja. Metode yang dipakai oleh penulis dalam menyelesaikan karya ilmiah ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis mengkaji dan menganalisis data-data tentang remaja dan game online dari pelbagai buku, jurnal ilmiah, dokumen, majalah, internet maupun artikel-artikel yang berhubungan dengan persoalan kecanduan game online dan pendekatan konseling realitas. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan tiga hal. Pertama, kecanduan game online dapat membuat para remaja mudah terjerumus ke dalam tindakan-tindakan destruktif dan menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku di masyarakat seperti pencurian, gangguan mental, bolos sekolah, insomnia dan kecenderungan untuk bersikap agresif. Kedua, kecanduan game online di kalangan remaja dilihat sebagai suatu perilaku yang disebabkan oleh faktor lingkungan (keluarga, teman sebaya, sekolah dan masyarakat). Ketiga, sebagai salah satu solusi, persoalan kecanduan game online di kalangan remaja dapat ditangani dengan menggunakan teknik-teknik pendekatan konseling realitas. Kehadiran game online memberi pengaruh yang baik dan buruk dalam perkembangan kaum remaja. Oleh karena itu, ada upaya yang konkret untuk menangani persoalan kecanduan game online di kalangan remaja. Semua pihak mesti terlibat dan berperan secara aktif, bertanggung jawab, dan saling bahu membahu dalam memberikan perhatian dan bimbingan kepada semua orang, khususnya kepada kaum remaja. Pihak itu antara lain: orangtua remaja, guru di sekolah, masyarakat, remaja dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Remaja, game online, kecanduan, konseling realitas
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 09 May 2023 04:27
Last Modified: 22 Jul 2023 03:15
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item