Harga Diri Menurut Abraham Maslow dan Relevansinya Bagi Perkembangan Kepribadian Remaja Gamers Online

LADO, Sabinus Bake (2022) Harga Diri Menurut Abraham Maslow dan Relevansinya Bagi Perkembangan Kepribadian Remaja Gamers Online. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Sabinus B.Lado_Abstraksi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk (1) menjelaskan tentang harga diri Abraham Maslow dan relevansinya dengan perkembangan kepribadian gamer online. (2) Menjelaskan teori kebutuhan harga diri Abraham Maslow. (3) Melihat peran game online dalam mendukung perkembangan kepribadian remaja khususnya harga diri, dimulai dari kebutuhan harga diri Abraham Maslow. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif. Metode penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan kepribadian gamer online di tengah maraknya game online. Penulis ingin melihat apakah melalui game online yang merupakan media virtual remaja dapat memperoleh harga diri. Data dalam penulisan ini berupa kata, frasa, kalimat dan beberapa data statistik yang diekspos oleh media. Sumber data dari penulisan skripsi ini adalah (1) berita tentang dampak positif dan negatif game online pada remaja, (2) mempelajari tulisan dan kajian tentang hierarki kebutuhan menurut Abraham Maslow khususnya kebutuhan harga diri yang relevan dengan tema penulisan ini dan (3) mempelajari tentang perkembangan kepribadian remaja itu sendiri. Dalam mengumpulkan berbagai macam data penulis menggunakan teknik analisis (content analysis) pada ketiga sumber di atas. Dewasa ini keberadaan remaja gamers online dilihat sebagai masalah dalam lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan mereka seringkali berkumpul bersama kelompok mereka untuk bermain game online. Melihat perkumpulan seperti ini, remaja seringkali mendapat cacian, hinaan dan mereka tidak dihargai. Dalam lingkungan keluarga remaja selalu dibebankan dengan tugas, dimarahi ketika gagal. Dengan peristiwa seperti ini, mereka menjadi pribadi yang malu, takut dan kurang percaya diri karena tidak dihargai. Kepribadian mereka terganggu karena tekanan seperti itu. Dari sini remaja menjadi bosan dan tidak nyaman dan akhirnya keluar rumah untuk mencari penghargaan itu dalam dunia game online. Maslow menyatakan penghargaan akan diraih jika seseorang berhasil atau mendapat prestasi di bidang tertentu. Dengan adanya game online yang dipertandingkan dalam turnamen esport saat ini, remaja akhirnya berlomba-lomba untuk bisa ambil bagian dalam turnamen tersebut. Melalui turnamen game online, setiap pemenang akan dihargai dan diakui dunia dan kelompok game lain. Dari sini remaja termotivasi untuk mencari penghargaan diri dalam game online. Dari sini, dapat dikatakan bahwa melalui game online kurangnya penghargaan diri remaja bisa dicapai dan didapatkan. Hal ini bisa mereka tunjukan dengan prestasi seperti dalam turnamen esport dan juga keberhasilan di kelompok mereka dengan menjadi yang terbaik. Ketika dihargai, remaja menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan bersemangat. Hemat penulis melalui game penghargaan itu bisa dicapai dengan menjadi yang terbaik dan berprestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Abraham Maslow, kebutuhan harga diri, pengembangan kepribadian, remaja dan game online.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 19 May 2022 03:45
Last Modified: 09 Jan 2024 23:39
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item