Pengaruh Pola Asuh Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Masa Kanak-Kanak Akhir Usia 6-13 Tahun

MEO, Ewaldus Hariyono (2022) Pengaruh Pola Asuh Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Masa Kanak-Kanak Akhir Usia 6-13 Tahun. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK EWALDUS HARIYONO MEO_Abstraksi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini berikhtiar menelaah pengaruh pola asuh dalam keluarga terhadap perkembangan kepribadian anak, khususnya kepribadian anak masa kanak-kanak akhir, usia 6-13 tahun. Periode usia kanak-kanak akhir merupakan masa di mana seorang anak sangat membutuhkan pendampingan dari orang tua. Karena pada periode usia tersebut anak secara formal sudah berhubungan dengan dunia luas dalam hal ini, anak mulai belajar untuk berelasi dengan orang lain, seperti teman sebaya, teman sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya. Melalui relasi itu, sang anak dapat menyesuaikan diri terhadap norma-norma moral dan tradisi yang berlaku di masyarakat. Namun, tidak dapat dimungkiri, pada masa ini anak belum memiliki kemantapan batin (anak mudah terjerumus dalam tindakan kenakalan) dan karena itu, dalam menjalin relasi sosial dengan teman sebaya di lingkungan sekitarnya, orang tua tidak boleh melepaskan anak begitu saja, tetapi harus lebih peka dalam membaca pergaulan anak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pola asuh dalam keluarga dan perkembangan kepribadian anak masa kanak-kanak akhir usia 6-13 tahun. Literatur-literatur yang digunakan penulis dalam menyelesaikan tulisan ini adalah: buku-buku, kamus, jurnal, dan berbagai literatur lain yang berkaitan erat dengan persoalan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menyelesaikan skripsi ini adalah teknik pengolahan data dengan langkah. Pertama, membaca berulang-ulang literatur seperti buku, kamus, jurnal, dan berbagai literatur lain yang berkaitan erat dengan persoalan yang diteliti. Kedua, menemukan dan mengumpulkan data. Ketiga, mereduksi dan menganalisis data. Keempat, penyajian data. Kelima, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dari fakta-fakta yang ditemukan dalam sumber utama disimpulkan bahwa maraknya kasus kenakalan anak-anak dan remaja dewasa ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni: 1). Kurangnya keterlibatan serta perhatian dari orang tua dalam mengasuh anak, 2). Pola asuh orang tua seringkali dilandasi kekerasan. Atas dasar itu, upaya solutif yang ditawarkan penulis adalah: pertama, memaksimalisasi keterlibatan orang tua dalam mengasuh anak. Kedua, menerapkan pola atau model pengasuhan yang baik seperti, pengasuhan positif dan komunikasi yang efektif. Dua upaya ini niscaya membantu seorang anak tumbuh dengan baik sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Orang tua, Keluarga, keperibadian, dan anak masa kanak-kanak akhir usia 6-13 tahun.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 04 May 2022 04:52
Last Modified: 07 May 2024 02:42
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item